CamStudio ....

Membuat Media Pembelajaran Komputer  dengan CamStudio


    Sebuah kendala bagi guru TIK terkadang bila menyampaikan pembelajaran ke anak-anak atau siswa khususnya pembelajaran komputer yang berbasis tutorial atau penyampaian yang bersifat langkah-langkah atau step by step. Dimana langkah-langkah yang telah diberikan kepada siswa tidak tersimpan dalam bentuk video atau media yang bergerak lainnya.
    Salah satu cara yang sering digunakan guru TIK adalah menggunakan LCD proyektor yang menghadap ke siswa dan menyampaikan serta memulai pembelajaran dengan menggerakkan mouse dan menjalankan tutorial (langkah-langkah) pembelajaran TIK yang diberikan, namun pertanyaannya adalah bagaimana jika langkah-langkah tersebut tidak terekam dalam memori anak atau siswa? Bagaiaman jika langkah-langkah yang terdapat pada dekstop atau pembelajaran TIK yang diberikan pada siswa terekam dalam bentuk video sehingga siswa dapat mengulang pembelajaran tersebut dilain waktu, dan video tersebut tentunya tersimpan dalam harddisk CPU siswa?.

Gambar 1 : Tampilan pertama pada CamStudio
    Oleh karena itu terdapat sebuah software yang berbasis video yang bernama  CamStudio, CamStudio adalah program yang dapat merekam kegiatan kursor mouse yang digerakkan oleh guru yang sedang menerangkan pembelajaran TIK pada siswa yang ia ajarkan. Dengan CamStudio bahkan dapat menyimpan dialog guru dengan siswanya sehingga siswa dapat mendengar dialog tersebut dan pembelajaran TIK menjadi menyenangkah bahkan mengasyikkan, tentu untuk merekam dialog guru dengan siswa diperlukan sebuah perangkat keras yang berupa microphone, untuk itu maka lebih baik lagi bila sebuah laptop guru mempunyai fasilitas mic dan speaker untuk menunjang pembuatan video tutorial yang menarik untuk disimak oleh siswanya.
    CamStudio adalah program atau software yang dapat diunduh secara gratis di webnya www.camstudio.org, jika kita suka dengan software ini kita dapat mendonasi agar program dapat berkembang. Adapun langkah-langkah untuk install serta penggunaanya adalah sebagai berikut :
  1. Klik dua kali camstudio.exe
  2. Klik next dan iktui langkah penginstalan sebagai biasanya.
  3. Jalankan program CamStudio, hal yang terpenting dari CamStudio sebelum menjalankan aktifitas perekaman dekstop adalah merubah codec dengan cara tekan option – pada compressor tekan dan pilih xvid MPEG-4 ini dalah codec yang biasa digunakan untuk VCD dan DVD dengan harapan pada tahapan berikutnya dapa dibuatkan CD dan DVD.

Gambar 2 : Merubah codec yang diinginkan


  1. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan shortcut atau tombol pintas pada keyboard sehingga untuk merekam kita hanya perlu menekan tombol keyboard. Cara ini lebih efisien sehingga program CamStudio dapat di – minimze, caranya adalah :  Option – program option – keyboard shortcut.

Gambar 3 : Penentuan tombol pintas


  1. Sekarang untuk penentuan shortcut disesuaikan dengan keinginan.
  2. Selanjutnya menentukan tempat penyimpanan file video tersebut dengan mengklik kembali option – program option – Directory for recording – user specified folder.

Gambar 4 : Penentuan folder penyimpanan file AVI


  1. Tentukan nama foldernya.
  2. Setelah semua selesai kita dapat merekam aktifitas merekam dengan mengklik CTRL – R untuk merekam (sebagai contoh penulis menggunakan shortcut tersebut untuk memulai merekam. Dan CTRL – S sebagai contoh penulis menggunakannya untuk menghentikan proses prekaman.
  3. Untuk melihat hasilnya dapat membuka folder yang telah kita tentukan dalam ekstensi AVI.
  4. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Project IOT Dengan Sensor Jarak